Sukses

Simak 10 Tips Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Liputan6.com, Jakarta Mabuk perjalanan ketika mudik Lebaran bisa dialami siapa pun, terutama individu usia dua hingga 12, wanita hamil, serta orang yang mudah migrain. Padatnya penumpang dan kendaraan saat arus mudik membuat individu mudah mengalami mabuk perjalanan.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau meredakan mabuk perjalanan, melansir laman Medicine Net, Rabu(21/6/2017).

1. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman Anda sebelum dan selama perjalanan. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan makan makanan yang tak tepat dan membuat perut terasa penuh. Makanan berat, kaya bumbu, atau berlemak hanya akan membuat mabuk perjalanan semakin parah.

2. Menghindari makanan berbau menyengat juga bisa mencegah mual. 

3. Pilih tempat duduk yang memungkinkan Anda sedikit merasakan guncangan. Bila Anda bepergian dengan pesawat, pilihlah bagian tengah, dekat sayap. Itu merupakan area yang paling stabil dari guncangan. Jika naik kapal laut, pilih kabin bawah dekat bagian utama kapal.

4. Jangan duduk membelakangi arah perjalanan Anda.

5. Duduklah di bangku depan, samping supir jika naik mobil pribadi.

6. Hindari membaca buku atau selalu melihat pesan di ponsel jika Anda mudah mabuk perjalanan.

7. Ketika mudik dengan mobil atau kapal laut, menatap satu titik horizon bisa membantu mencegah mabuk laut.

8. Buka jendela agar udara segar bisa masuk.

9. Jauhkan diri Anda dari individu lain yang kemungkinan juga mengalami mabuk perjalanan. Mendengar orang lain berbicara tentang mabuk atau melihat mereka mabuk terkadang memicu perasaan yang sama pada Anda.

10. Obat mabuk yang umum ditemui di pasaran juga ampuh mencegah mabuk saat perjalanan mudik. Selain itu, Anda juga bisa minta resep dokter untuk mengatasi hal ini. 

 

Artikel Selanjutnya
Persiapan Fisik Sebelum Mudik ala Sandra Dewi
Artikel Selanjutnya
Tips Hadapi Kemacetan Arus Balik