Sukses

Sudah Cukupkah Asupan Buah Anda Selama Ramadan?

Liputan6.com, Jakarta Pola makan cenderung berubah selama bulan Ramadan. Namun, perubahan itu tidak boleh mengurangi asupan gizi harian. Laki-laki tetap membutuhkan 1.800-2.500 kalori per hari, dan perempuan 1.500-2.000 kalori setiap hari.

Termasuk juga dalam hal mengonsumsi buah dan sayur, tetap harus tiga sampai lima porsi setiap hari. Sudahkah Anda menerapkannya?

"Satu porsi buah dan sayur tidaklah banyak. Satu porsi sayur, kira-kira semangkuk ukuran sedang. Sedangkan takaran untuk satu porsi buah sama dengan ukuran satu buah sedang seperti apel dan pir," kata Nutrisionis Jansen Ongko Msc RD dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (22/6/2017). 

Menurut Jansen, buah bagus dikonsumsi saat sahur karena kaya sumber vitamin, mineral, dan serat. Serat ini yang dapat mencegah rasa lapar datang terlalu cepat di Bulan Ramadan.

Selain kaya serat, kata Jansen, buah juga tinggi magnesium dan potasium yang membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

"Buah yang kaya magnesium dan potasium adalah buah pisang. Kandungan serat pada pisang sangatlah tinggi. Kalorinya pun hanya 105 kkal yang sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat," kata dia.

Saat berbuka, dianjurkan untuk menyantap buah melon, pir, buah naga, dan buah yang kaya kandungan air lainnya. 

 

Artikel Selanjutnya
Tips Mengurangi Kebiasaan Ngemil yang Tidak Sehat
Artikel Selanjutnya
Makan Buah Baiknya Sebelum atau Setelah Olahraga?