Sukses

5 Adab Salat Idul Fitri Menurut Rasulullah

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang hari raya, para umat Islam melakukan berbagai persiapan, mulai dari pakaian terbaik dan sajian spesial untuk keluarga dan kerabat. Namun, ada hal penting yang tidak boleh terlewatkan, yaitu beberapa adab yang dilakukan Rasulullah beserta sahabat pada hari raya Idul Fitri.

1. Mandi Junub

Diriwayatkan dalam Hadis Malik, dari Abdullah bin Umar, bahwasannya beliau mandi junub pagi sebelum sholat Idul Fitri.

2. Memakai Pakaian Terbaik

Diriwayatkan dalam Hadis Baihaqi, dari Ubaidillah bahwasannya Ibna Umar memakai pakaian terbaik di hari raya Idul Fitri.
Rasulullah pun memakai jubah terbaik di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

3. Memakai Wewangian Bagi Kaum Pria

Diriwayatkan dalam Hadis Nasa'i, Rasulullah bersabda, "Adapun laki-laki memakai wewangian yang baunya wangi dan warnanya samar."

4. Makan Sebelum Shalat Idul Fitri

Diriwayatkan dalam Hadis Tirmidzi, bahwasannya Rasulullah tidak keluar untuk shalat Idul Fitri sebelum makan beberapa kurma."

5. Bermaaf-maafan dan Bersilaturrahim dengan Sanak Keluarga

Diriwayatkan dalam Hadis Tabrani, bahwasannya orang iman ketika bertemu orang iman yang lain, mengucapkanlah salam dan berjabat tangan, maka rontoklah dosa-dosa keduanya.

Diriwayatkan dalam Hadis Bukhari, Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang senang dibentangkan rezeki dan umurnya, maka bersilaturrahmilah dengan keluarga dan sanak saudara."

 

Artikel Selanjutnya
Penganut Islam Aboge di Probolinggo Juga Salat Id Minggu Pagi
Artikel Selanjutnya
Alasan Hewan Kurban Jokowi-JK Disembelih Usai Asar di Istiqlal