Sukses

Bisnis Dadakan yang Muncul Ketika Lebaran, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan dan Lebaran bukan saja menjadi momen meningkatkan ibadah. Ternyata, ada peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan mereka yang ingin mendapatkan tambahan rezeki.

Meski berlaku musiman, tapi dipastikan Anda akan tetap meraih untung bila serius menjalaninya. Bahkan bukan tidak mungkin ini bisa menjadi bisnis lanjutan di hari biasa.

Simak, beberapa bisnis dadakan yang muncul saat jelang lebaran seperti dirangkum Liputan6.com. Apa saja?

1. Penukaran uang receh

Kebiasaan membagikan uang bagi sanak saudara saat momen Lebaran membuka peluang bisnis penukaran uang receh.

Masyarakat bisa menukarkan uang receh di tempat resmi seperti bank, maupun fasilitas dari Bank Indonesia. Penukaran di lokasi ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Namun, Anda akan terkena pembatasan jumlah yang bisa ditukar dalam sehari.

Selain itu, Anda bisa pula menukar uang receh dari penjaja di pinggir jalan. Khusus di lokasi ini, Anda akan dipungut potongan jasa yang besarannya beragam. Kabar baiknya, Anda tak dibatasi jumlah uang yang ingin ditukar

2. Pembantu pengganti (infal)

Kepulangan pembantu rumah tangga tentu menjadi satu masalah bagi seorang ibu rumah tangga. Di sini, jasa pembantu infal atau pengganti turut berperan.

Mereka bisa Anda manfaatkan melakukan pekerjaan dari pembantu yang sebelumnya ada. Namun, Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam sedikit untuk membayar jasa infal tersebut. Ini mengingat mereka juga harus mengorbankan waktu libur lebarannya untuk membantu Anda

Kue kering

3. Kue kering dan tradisional

Tak lengkap rasanya bila berlebaran tanpa kue-kue kering dan tradisional yang menghiasi meja. Kue kering biasa disajikan bagi tamu yang datang bersilaturahmi di hari fitri.

Besarnya permintaan membuka peluang pembuatan kue kering. Ini dilakoni tak hanya oleh industri skala kecil hingga besar tapi juga banyak ibu rumah tangga yang memang memiliki keahlian membuat kue kering dan tradisional tersebut.

Beragam bentuk, porsi hingga harga dapat Anda pesan untuk melengkapi momen Lebaran.

4. Penjual BBM eceran

Ini biasanya berlokasi di jalan yang jadi titik mudik. Kondisi mudik kadang menyulitkan pemilik kendaraan untuk mengisi BBM saat membutuhkannya. Di sini, jasa penjual eceran berperan.

Namun, tentu saja sesuai prinsip ekonomi, harga BBM eceran yang dijual di pinggir jalan akan lebih mahal dibandingkan di SPBU resmi.

Simak video menarik berikut ini: