Sukses

Kawasan Hipster Singapura Kian Diminati Saat Ramadan

Liputan6.com, Singapura - Minuman yang berganti-ganti warna, makanan yang terbuat dari nitrogen atau bahkan marshmallow gourmet adalah makanan yang dijual di kawasan hipster anak muda. Meski di bulan suci Ramadan, makanan ini tetap menjadi incaran bagi umat muslim.

Dikutip dari laman Cnbc.com, Sabtu (24/6/2017) sejumlah bazar kerap muncul di negara kecil yang terletak di Semenanjung Malaya ini. Hal tersebut terjadi karena di bulan suci Ramadan kebanyakan orang lebih menyukai makan dan jajan di luar.

Banyak hal yang dijajakan di bazar ini. Seperti lampu hias, pakaian tradisional karpet dan tak lupa makanan berbuka yang beragam jenisnya.

Daging panggang, makanan manis, jeli dan kue panggang adalah hidangan tradisional di bulan Ramadan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Asia Tenggara. Sementara itu, makanan yang tengah digemari oleh kaum muda adalah permen pelangi dan makanan ringan.

Hamburger pelangi di Geylang Serai Singapore (Instagram/@sereneooi)

"Di pasar Geylang Serai selalu ada saja tren makanan yang di sajikan dengan konsep baru," ujar Yushendra Jalil seorang penjual teh anchan yaitu minuman khas Thailand yang berubah warna saat diaduk.

Singapura dikenal sebagai surga makanan dengan tradisi makanan multi-budaya. Namun akibat hal ini para pedagang harus berkompetisi dengan pedagang lainnya dengan ide-ide kreasi.

Harga sewa kios di Singapura yang mahal, membuat banyak pedagang harus mengeluarkan ide-ide agar makanannya laku terjual. Baru-baru ini fenomena minuman unicorn yang berwarna-warni sangat populer di kalangan millennial.

Setelah salah satu minuman Unicorn muncul banyak pelaku dagang berlomba-lomba membuat minuman tersebut dengan cara mereka masing-masing.

Pangeran Shawn seorang anak berusia 17 tahun mengatakan, makanan modern memang sangat populer saat ini. Tetapi kebanyakan orang tua khawatir jika makanan tradisional akan ditinggalkan.

Salah satu minuman populer yang digemari oleh anak muda Singapura (Instagram/@katrinamflores)

"Generasi yang lebih tua banyak yang mengeluh saat anak muda kurang meminati makanan khas daerah Singapura," kata Pangeran.

Pemandangan di sekitar pasar menunjukkan arah makanan yang dijual sangat cocok untuk para pemburu foto. Biasanya mereka akan mengunggah fotonya ke akun Instagram milik mereka.

Sebab ada burger pelangi, permen burrito, milkshake dengan kombinasi pelangi dan minuman yang tengah populer bertema unicorn tears yang mengeluarkan efek gliter ketika digoyang-goyang.

"Anak muda akan lebih suka memotret makanan mereka, terutama makanan yang memiliki warna cerah dan berwarna-warni," ujar Jalil.