Sukses

Ngabuburit di Brebes Sambil Lihat Proses Pembuatan Telur Asin

Fokus, Brebes - Menjelajah kota Brebes, Jawa Tengah, dengan motorsport dapat menjadi pilihan anda untuk ngabuburit. Sambil melihat Masjid Agung Kota Brebes dan membeli oleh oleh khas Brebes, yaitu telur asin, yang bisa dijadikan buah tangan saat mudik ke kampung halaman.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (23/6/2017), Masjid Agung Brebes mengalami tiga kali peremajaan sejak pertama kali dibangun. Untuk menjaga keaslian dan nilai sejarahnya, bagian yang direnovasi hanyalah tiang di bagian dalam dan kubah di bagian luar.

Berbicara buah tangan khas Brebes, telur asin adalah makanan yang paling dikenal. Telur asin sudah menjadi ikon Kota Brebes sejak tahun 1950. Usaha telur asin ini pertama kali dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa. Hingga saat ini, ada puluhan bahkan ratusan pengusaha telur asin yang tersebar di penjuru Kota Brebes.

Cara membuat telur asin, pertama-tama telur tersebut dibungkus rapi. Setelah itu, barulah direbus selama delapan jam agar rasa asin dari telur ini meresap secara merata. Sistem pengasapan dilakukan secara tradisional untuk menjaga protein dan vitamin yang terkandung dalam telur. Harga telur asin yang dijual bervariasi, Rp3.000 untuk telur asin rebus, dan Rp4.000 untuk telur asin asap.