Sukses

Lakukan Ini agar Sehat dan Bugar Selama Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Mudik lebaran merupakan salah satu hal yang sangat dinanti-nanti, terutama oleh perantau. Persiapan mudik seringkali sudah dipersiapkan sejak dari jauh-jauh hari. Tak terkecuali kesehatan pemudik.

Banyak sekali moda transportasi yang dapat digunakan untuk mudik, salah satunya dengan mengendarai mobil pribadi. Selain lebih murah, pemudik dapat menikmati pemandangan alam selama di perjalanan mudik.

Namun, salah satu persoalan yang tak kunjung usai saat musim mudik ialah padatnya arus lalu lintas arus yang dapat menyebabkan waktu perjalanan menjadi sangat lama. Untuk itu dibutuhkan kondisi tubuh yang fit agar tidak membahayakan nyawa Anda maupun penumpang saat berkendara. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap fit berkendara selama mudik Lebaran, seperti yang dianjurkan dr. Anita Amalia Sari, dari Klikdokter.com, Minggu (25/6/2017).

- Pastikan Anda cukup tidur sebelum mengendarai mobil

Perjalanan yang panjang dan lama saat mudik membutuhkan stamina yang kuat. Untuk mendapatkannya, Anda memerlukan istirahat yang cukup,, sekitar 7–8 jam sebelumnya. Anda pun tidak mudah lelah dan mengantuk saat berkendara.

- Jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Sebagian besar perjalanan mudik dilakukan saat bulan puasa. Karena itu, pastikan Anda makan saat sahur. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membuat Anda merasa lebih fit dibandingkan karbohidrat simpleks.

Jangan lupa, perbanyak sayur dan buah serta protein.

- Jaga agar tubuh tetap terhidrasi

Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan merasa lemas. Konsumsi air putih minimal dua liter per hari. Jika Anda berpuasa, konsumsi air putih tersebut di antara waktu berbuka hingga sahur.

- Jadwalkan waktu istirahat selama perjalanan

Jika perjalanan mudik Anda memakan waktu yang cukup panjang, atur waktu untuk berhenti beristirahat sejenak setiap beberapa jam.

Anda bisa memanfaatkannya sekedar untuk melemaskan otot kaki dan tangan, buang air kecil atau bahkan tidur sebentar untuk mengumpulkan kembali stamina Anda. Jika Anda merasa lelah atau mengantuk, mintalah orang lain (bila ada) untuk menggantikan posisi Anda mengendarai mobil.

- Jangan mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek mengantuk saat berkendara

Hal ini tentunya sangat berbahaya karena dapat membahayakan nyawa Anda, penumpang dan orang di kendaraan lain. Pastikan tubuh Anda sedang dalam kondisi sehat. Bila Anda memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi, perhatikan kondisi penyakit Anda agar tetap terkontrol selama mudik Lebaran

 

Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
4 Hal Yang Wajib Dilakukan Pasca Libur Lebaran