Sukses

Tepatkah Mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin saat Idulfitri?

Liputan6.com, Jakarta - Pada perayaan Idulfitri, masyarakat sering menyampaikan ucapan Lebaran. Ada dua ucapan masyhur yang biasa terdengar kala hari kemenangan tiba.

Ucapan tersebut adalah Minal Aidin Wal Faizin dan Taqabbalallahu Minna Waminkum. Lantas bagaimana makna kedua ucapan tersebut?

Menurut Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Masdar F Mas'udi, dua ucapan tersebut memiliki doa khusus. Semuanya sangat baik diucapkan oleh sesama Muslim saat idulfitri.

"Ucapan doa, Minal Aidin Wal Faizin. Artinya semoga kita tergolong yang kembali ke fitrah setelah sebulan membersihkan diri dari nafsu yang tidak bagus. Fitrah yang sejati itu mengandung kebaikan, kemulyaan, kejujuran, dan persaudaraan," jelas Masdar saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

Sementara kalimat Taqabalallahu Minna Waminkum, lanjut dia, artinya semoga Allah menerima amal ibadah dari kami dan kamu. Dan itu juga dinilainya sebagai doa yang baik pada hari Idulfitri.

"Nah penyampaiannya itu saling menjawab saja. Kalau ada yang mengucapkan duluan Minal Aidin Walfaizin, maka dijawab Taqabbalallahu Minna Waminkum. Saling mendoakan," terang Masdar.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Lebaran, Ayu Ting Ting Tetap Dibanjiri Kritik dari Warganet
Artikel Selanjutnya
Lebaran Tanpa Ibunda, Ini yang Dirasakan Mita The Virgin