Sukses

Makam Syekh Abdurrazak di NTB Ini Miliki Garis Keturunan Nabi Muhammad

Liputan6.com,NTB Sedikitnya ada tujuh makam keramat di propinsi Nusa Tenggara Barat khususnya di Pulau Lombok yang menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya Makam Loang Balok yang berada di Kota Mataram.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, meski di kompleks pemakaman ini terdapat puluhan jasad leluhur. Namun satu yang paling istimewa yakni Makam Syech Abdurrazak seorang ulama asal Baghdad, Irak yang diyakini memiliki garis keturunan dengan Nabi Muhammad SAW.

Menurut Tarmizi, juru kunci makam Loang Balok, Syech Abdurrazak berperan menyebarkan islam di Pulau Lombok pada abad 18 masehi setelah sukses melakukan syiar islam di Palembang.

Atas jasanya, Makam Loang Balok hingga saat ini menjadi salah satu tujuan ziarah di Lombok. Selain di Mataram, makam keramat juga terdapat di sejumlah tempat di Lombok Barat. Salah satu yang sangat populer adalah Makam Batu Layar yang berada di Kecamatan Batu Layar. Tokoh penyebar islam ini juga diyakini warga memiliki silsilah hingga kepada Nabi Muhammad.

Warga biasanya berziarah ke Makam Batu Layar saat Idul Fitri dan puncaknya sepekan lebaran atau yang dikenal dengan lebaran topat atau ketupat. Wisata ke Batu Layar ini sebagai ungkapan terima kasih masyarakat atas jasa Sayid Albaghdadi dalam mendidik masyarakat tentang islam.