Sukses

Melebar Saat Lebaran? Yuk Bakar Lemak dengan 5 Aplikasi Diet Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, Lebaran juga menjadi momen di mana kita semua bisa menyantap makanan-makanan khas seperti ketupat sayur, rendang, sambal goreng hati, opor ayam, serta makanan berkuah santan lainnya.

Memang, tidak bisa dimungkiri akan sangat sulit mengontrol diri saat hendak memakan semua jenis makanan dalam kurun waktu yang begitu singkat.

Tak heran, banyak orang yang mengalami peningkatan berat badan setelah beberapa hari Lebaran berlalu. Pasalnya, konsumsi makanan dengan lemak dan kalori berlebih jadi penyebab utama.

Sebenarnya, jika bisa dikontrol dengan baik, maka kenaikan berat badan tidak akan terjadi. Namun, jika sudah telanjur terjadi, mau bagaimana lagi?

Jangan khawatir, Tekno Liputan6.com punya solusinya: manfaatkan smartphone dengan mengunduh aplikasi pemantau kalori dan berat badan yang dapat menolong kamu membakar lemak setelah menimbun 'dosa' dari makanan-makanan yang kamu santap.

Merangkum berbagai sumber, terdapat lima aplikasi pemantau kalori dan berat badan yang setidaknya patut kamu jajal. Selamat mencoba!

1. Noom Coach: Weight Loss

Noom Coach: Weight Loss memiliki berbagai fitur untuk mengetahui jumlah kalori dalam tiap makanan (tentunya beragam jenis makanan sudah terdapat di dalam daftar), mengukur banyak langkah per hari, dan menyusun target penurunan berat badan pengguna.

Tampilan antarmuka aplikasi ini sangat sederhana. Namun, bebas dari iklan. Selain itu, beragam jenis makanan yang terdapat di dalamnya dapat membuat kamu mudah menghitung kalori yang masuk, baik saat sarapan, makan siang, makan malam, maupun camilan di tengah waktu makan.

Aplikasi ini bisa dibilang menjadi sebuah jurnal makanan pengguna untuk dapat mengontrol asupan makanan secara terperinci. Noom Couch tersedia di App Store dan Google Play Store secara gratis.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 3 halaman

Calorie Counter & Lose It

2. Calorie Counter – MyFitness Pal



Calorie Counter yang dibesut MyFitness Pal ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi memiliki daftar menu makanan beserta kalori yang cukup lengkap, sehingga pengguna bisa mengetahui total kalori dalam asupan makanan sehari-hari.

Selain itu, terdapat pula sekitar 350 gerakan fitness untuk mempercepat proses penurunan berat badan yang patut dicoba. Kamu juga dapat menyusun target berat badan ideal yang diinginkan melalui aplikasi ini.

Fitur lain yang hadir adalah menampilkan teman yang juga sedang berada dalam program diet, sehingga kamu akan termotivasi untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mengunduh Calorie Counter secara gratis di App Store dan Google Play Store.

3. Lose It!

Lose It! punya berbagai fitur yang bisa membantu untuk meraih berat badan yang diinginkan. Di antaranya ada database makanan dan aktivitas yang telah dilakukan, resep makanan sehat, dan memeriksa kecukupan nutrisi. Selain itu, Lose It! juga bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Layaknya jurnal makanan yang dikonsumsi sehari-hari, aplikasi ini mengelompokkan apa yang dikonsumsi dan dilakukan. Terdapat grafik perkembangan target yang kamu tentukan dan juga fitur Friends untuk melihat perkembangan teman Anda yang juga menggunakan aplikasi ini.

Lose It! bisa didapatkan secara gratis di App Store dan Google Play Store.

2 dari 3 halaman

Fooducate & Healthy Recipes

4. Fooducate Healthy Weight Loss



Kamu memiliki kesulitan memilih makanan yang akan dikonsumsi ketika berbelanja? Fooducate Healthy Weight Loss ini bisa jadi jawabannya. Lewat aplikasi ini, kamu dapat scan setiap kemasan makanan dan memutuskan mana yang cocok diambil untuk membuat diet berhasil.

Dengan begitu, kamu bisa lebih cermat memilih makanan yang siap diasup. Sama dengan aplikasi diet lainnya, Fooducate juga dapat melacak total kalori yang dikonsumsi dan kegiatan olahraga harian yang dilaksanakan.

Kamu bahkan juga dapat melihat perkembangan diet dengan fitur grafik waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk iOS dan Android.

5. Healthy Recipes – By SparkRecipes



Jika kamu tetap ingin mengkonsumsi makanan enak selama melaksanakan diet, kamu bisa menggunakan panduan dari aplikasi ini.

Aplikasi yang digarap oleh Spark People Inc tersebut menyediakan berbagai resep masakan yang dapat menjadi menu selama melaksanakan program penurunan berat badan.

Setiap resep yang ada di aplikasi ini dilengkapi dengan total kalori, lama waktu memasak yang dibutuhkan, dan kamu pun dapat menyimpannya ke dalam halaman Favorites.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Jenis Makanan yang Tak Bikin Diet Anda Gagal
Artikel Selanjutnya
Pssst!... Ini Rahasia Agar Anda Tidak Gendut