Sukses

Terungkap, Makam Nabi Muhammad Dikelilingi Gunung Berapi

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi memang dikenal dengan padang pasirnya, tapi ternyata ada 2000 gunung berapi yang tidak aktif selama ribuan tahun membentang di sana. Anehnya, gunung-gunung tersebut juga tidak mati karena pernah mengukir sejarah panjang dengan 13 letusan lahar.

Dilansir Al Arabiya, Senin (26/6/2017), wilayah Madinah menjadi bagian terbesar dari sarang vulkanik dan kawah dengan batu hitam tersebut. Letusan gunung berapi yang terakhir terjadi di Hijaz, sebelah tenggara Madinah pada tahun 1256 Masehi.

Letusan terjadi beberapa hari hingga aliran lahar meluas lebih dari radius 23 kilometer. Aliran lava terpanjang dalam jarak 8,2 km dari makan Nabi Muhammad di Masjid Nabawi, Madinah.

Selain itu, di dekat gunung al-Qadr juga bisa melihat kawah gunung al-Abyad. Kawah tersebut memiliki perpaduan warna aneh, bahkan keunikannya itu membuat gunung tersebut menjadi kawasan geologis paling terkenal.

Gunung berapi (Alarabiya.net)

Di dekat Taif ada salah satu kawah vulkanik terdalam di Arab Saudi, dan kedalamannya mencapai 240 meter dengan diameter lebih dari 2500 meter.

Arab Saudi memang menjadi tujuan utama para ahli geologi karena memiliki banyak gunung berapi dengan kawah yang unik, bahkan beberapa diantaranya merupakan kawah terindah di dunia.

(ul)