Sukses

Simak, Ucapan Selamat Idul Fitri dari Para Kepala Negara

Liputan6.com, Jakarta Umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Idul Fitri atau hari kemenangan. Ucapan selamat lebaran pun datang dari sejumlah pemimpin dunia.

Mulai dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Raja Abdullah dari Yordania dan Raja Salman dari Arab Saudi.

Ucapan yang disampaikan melalui media sosial maupun secara lisan. Bahkan pesan selamat Hari Raya Idul Fitri yang disampaikan presiden perempuan pertama Taiwan di laman Facebook terkesan spesial karena diucapkan dalam Bahasa Indonesia.

Seperti apa ucapan Idul Fitri para kepala negara tersebut?

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Sedikit beda, ucapan Idul Fitri Presiden Taiwan ini diucapkan dalam Bahasa Indonesia.

"Selamat Idul Fitri," ungkap Presiden Tsai Ing-wen pada akhir rekaman sebuah video.

Demikian disebutkan dalam keterangan tertulis The Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang diterima Liputan6.com.

Presiden Tsai Ing-wen juga mengucapkan terima kasih kepada Tenaga Kerja Indonesia atas sumbangsih mereka terhadap pembangunan Taiwan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut menambah daftar pemimpin dunia yang menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri.

Trump menyampaikan salam hangat kepada umat Muslim setelah pemerintahannya diketahui tidak menyelenggarakan tradisi Ramadan di Gedung Putih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari laman Straits Times, Trump beserta keluarga menyampaikan pesan bagi umat muslim yang merayakan hari kemenangan.

"Selama Ramadan, kita diingatkan akan pentingnya belas kasih dan niat baik. Kini Amerika Serikat tengah memperbaharui komitmennya demi menghormati dan meneladani nilai-nilai tersebut," ujar Presiden Trump.

1 dari 3 halaman

Raja Abdullah Yordania

Ucapan Idul Fitri juga diungkapkan Raja Abdullah dari Yordania. Dia mengucapkan selamat melalui unggahan di Twitter.

"Semoga Tuhan menerima perbuatan baik kita semua dan semoga ini menjadi kesempatan yang diberkati serta membawa damai dan kemakmuran bagi negara kita dan rakyatnya," tulis Raja Abdullah.

Raja Salman Arab Saudi

Kepala negara lain yang mengucapkan Idul Fitri adalah Raja Salman. Dia menyampaikan dengan diwakili Menteri Kebudayaan dan Informasi Awwad bin Saleh Al-Awwad.

“Dunia saat ini menderita karena terorisme. Ini memang momok zaman, mereka telah mengganggu keamanan dan keselamatan dalam masyarakat yang damai. Kami memberikan perhatian besar untuk memperkuat keamanan dan stabilitas di seluruh dunia,” ujar Raja Salman melansir Saudi Gazette.

 

2 dari 3 halaman

Perdana Menteri Inggris Theresa May

Kepala negara yang mengucapkan Selamat Idul Fitri lewat media sosial adalah PM Inggris Theresa May.

Pesan itu ia sampaikan melalui akun resmi Twitter-nya @Number10gov. May turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada muslim yang bermukim di Inggris dan seluruh dunia.

"Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Inggris dan seluruh dunia. Saya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada lebih dari tiga juta umat muslim Inggris yang telah memberi kontribusi dan nilai-nilai berharga untuk negeri," ujar May.

May juga menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah momen yang sangat spesial. Berawal dari satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, menahan hawa nafsu, kemudian diakhiri dengan kemenangan.

Perdana Menteri Inggris itu menilai, bulan Ramadan adalah salah satu cara manusia untuk mengintrospeksi diri.

May menyampaikan Negeri Ratu Elizabeth itu bangga dengan keberagaman rakyat di negaranya. Terdapat banyak ras dan keberagaman kepercayaan.

"Selama satu bulan terakhir, banyak muslim Inggris yang berbagi rezeki kepada masyarakat yang berbeda keyakinan. Membantu beberapa komunitas dan menjalankan buka puasa bersama demi terciptanya rasa toleransi," ujar May.

Tak hanya itu, Theresa May juga menanggapi permasalahan teroris yang melanda Inggris beberapa waktu yang lalu.

"Saya juga merasa sedih ketika terjadi hal-hal buruk yang menimpa Inggris beberapa waktu yang lalu. Salah satunya serangan mobil yang menimpa jemaah di masjid Finsbury Park. Dan itu adalah serangan teroris kedua yang terjadi di Inggris dalam satu bulan," ujar May.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 51 detik itu, May menganggap serangan yang terjadi memiliki motif lain untuk memisahkan dan memecah belah persatuan bangsa. Ia juga mengatakan benih-benih kebencian dan kejahatan tak akan pernah berhasil melawan niat baik.

Sebagai penutup, Theresa May kembali mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dan berharap hal itu bisa jadi momen persatuan dan kesatuan.

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
PM Trudeau: Idul Adha Refleksikan Kontribusi Islam bagi Kanada
Artikel Selanjutnya
Warna-Warni Pakaian Idul Adha Usai SEA Games di Malaysia