Sukses

7 Tips Sehat Hindari Makan Berlebih Selama Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Menu makanan lezat kerap melimpah ketika Lebaran, mulai dari kue-kue manis hingga lauk makanan besar seperti rendang, gulai, opor, dan lainnya. Setelah berpuasa selama kurang lebih tiga puluh hari, siapa bisa menolak segala makanan enak yang tersaji? Meski demikian, menjaga kesehatan tetaplah harus yang utama.

Saat berkumpul dengan keluarga besar, godaan untuk lebih banyak makan santapan lezat itu pun semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba tips berikut yang dilansir dari laman Al Arabiya, Kamis (29/6/2017).

1. Jalan kaki pagi hari

Ketika Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang bertanggung jawab membuat rasa bahagia. Hormon ini juga membantu Anda mengontrol nafsu makan. Setelah berjalan kaki pada pagi hari, mood akan jadi lebih baik dan keinginan makan berlebih pun akan berkurang.

2. Minum air sebelum makan

Studi yang dilakukan pada 2010 mengungkap, individu yang minum sekitar dua cangkir (500 ml) air sebelum makan hanya akan mengonsumsi kurang dari 75 hingga 90 kalori selama makan. Ini merupakan cara termudah mengurangi asupan makanan selama dan setelah Lebaran.

3. Pilih tempat duduk

Memilih lokasi duduk ketika makan besar di jamuan keluarga sangat menentukan pilihan makanan Anda. Duduklah di dekat menu yang paling sehat. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari menu-menu kaya lemak dan gula. Lagi pula Anda akan tetap bisa menikmati semua menu yang ada dengan hanya mencicipi beberapa sendok saja, bukan? 

4. Kunyah dengan baik

Tak semua orang paham bahwa proses mencerna makanan bukan diawali di dalam perut, melainkan di mulut. Ya, ketika Anda mengunyah, saat itulah proses mencerna dimulai. Air liur mengandung enzim yang memulai proses pencernaan makanan bahkan sebelum Anda menelannya. Mengunyah makanan dengan baik akan mengirim sinyal pada tubuh dan mempersiapkan proses pencernaan selanjutnya.

5. Kontrol porsi

Untuk mengatasi masalah pencernaan, Anda bisa mencoba berbincang lebih banyak saat jamuan makan keluarga. Alih-laih terlalu fokus pada sajian makanan, Anda bisa lebih memperhatikan obrolan dengan sanak keluarga. Anda juga bisa mencegah makan berlebih dengan menghindari menambah menu makanan yang sama.

6. Makan buah dan sayur lebih banyak

Kandungan air dan serat dalam buah dan sayur memainkan peranan penting, yakni membuat Anda tetap terhidrasi dan kenyang lebih lama. Sebaiknya pilih mengonsumsi buah sebelum Anda beralih ke makanan penutup. Rasa manis buah-buahan sudah cukup untuk memenuhi keinginan Anda mengudap makanan manis. Dengan begitu, Anda terhindar dari makan makanan penutup terlalu banyak.

7. Berdiri setelah makan

Tujuan makan sesungguhnya adalah tak lagi merasa lapar, alih-alih "kekenyangan". Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup kenyang adalah dengan berdiri. Bila Anda sudah merasa cukup kenyang, itu tandanya Anda harus menyudahi sesi makan dan menutupnya dengan kudapan rasa mint. Anda bisa mengunyah permen karet rasa mint atau menggosok gigi hingga berkumur dengan cairan mouthwash. Namun, sebaiknya tunggu beberapa saat setelah makan sebelum menggosok gigi. 

 

Artikel Selanjutnya
Tips Cerdik Mengemil Sehat Tanpa Takut Berat Badan Naik
Artikel Selanjutnya
Lebaran Pun Usai, Ingat Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini