Sukses

Belanja Online Jadi Pilihan Konsumen Penuhi Kebutuhan di Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Pembelanjaan masyarakat meningkat saat momen Ramadan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Tahun ini, kegiatan belanja online menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri, khususnya dengan tersedianya beragam penawaran menarik dari perusahaan e-commerce.

Hasil riset yang dilakukan JakPat, platform riset online, terhadap 1,000 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, menemukan jika 65 persen responden mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama bulan Ramadan.

Dari angka ini, generasi millenial (18-35 tahun) khususnya dari kelas menengah, menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online. Sementara itu, Shopee menjadi pilihan belanja online yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Tingginya penggunaan internet di Indonesia menyebabkan adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat, yang kini lebih cenderung menggunakan situs dan aplikasi belanja online. Kebiasaan ini turut mempengaruhi pilihan metode belanja masyarakat di bulan Ramadan, dengan lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia,” ujar Corporate Relation JakPat Ainun Habibah dalam keterangannya, Rabu (28/6/2017)

Diantara berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia, para pelaku belanja online menempatkan Shopee sebagai aplikasi belanja online yang paling diingat (top of mind) selama bulan Ramadan berlangsung.

Sebanyak 49,3 persen responden riset juga memilih Shopee sebagai pilihan belanja online mereka di bulan ini. Posisi berikutnya ditempati oleh Lazada dan Tokopedia yang masing-masing menarik 20,7 persen dan 16 persen responden.

Bukalapak dan Elevenia menempati posisi keempat dan kelima sebagai tempat terfavorit untuk memenuhi kebutuhan mereka secara online di bulan Ramadan.

Lebih lanjut lagi, dari hasil riset JakPat ini, lebih dari 94 persen responden mengakui tiga aspek utama ini sebagai bahan pertimbangan utama mereka dalam memilih destinasi belanja online selama bulan Ramadan, yaitu varian produk yang ditawarkan, promosi diskon yang menarik, serta bebas biaya pengiriman.

Tak hanya itu, riset ini juga memaparkan 5 kategori produk utama yang banyak dicari oleh masyarakat, termasuk fashion dan aksesoris wanita; gadget dan aksesorisnya; pakaian Muslim; fashion pria; serta kategori perawatan dan kecantikan.

Secara umum, hampir seluruh responden atau sebesar 97,3 persen juga menyatakan kepuasannya terhadap layanan yang diberikan oleh situs belanja online yang mereka kunjungi dan akan merekomendasikannya kepada teman dan keluarga.

“Hasil riset yang kami lakukan menunjukkan bahwa aktivitas belanja online telah menarik perhatian dan menjadi pilihan masyarakat Indonesia, terlepas dari tingkat usia, kelas sosial ekonomi, ataupun jabatan seseorang. Tren belanja online ini diprediksi akan terus bertumbuh ke depannya. Karenanya kami berharap hasil riset ini bisa memberikan tambahan informasi untuk memahami perilaku belanja online masyarakat di bulan Ramadan,” tambah Ainun Habibah lagi.

Kegiatan riset ini berlangsung pada 12-17 Juni 2017, yang dilakukan secara online menggunakan mobile app khusus yang bisa diakses melalui sistem perangkat android dan iOS.

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kemenhub: Pemudik Pesawat Naik 12 Persen Dibanding Tahun Lalu
Artikel Selanjutnya
Serunya Suasana Mudik Lebaran dalam Diorama