Sukses

Polri: Arus Balik Sudah Terlihat, tapi Intensitasnya Rendah

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik libur lebaran sudah mulai terlihat di sejumlah jalur yang mengarah ke Jakarta. Hal ini sebagaimana pemantauan Operasi Ramadniya yang dilakukan Polri pada H+2 atau pada Selasa 27 Juni 2017.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan sudah ada ribuan pengemudi yang masuk gerbang tol untuk menuju Jakarta.

"Arus Mudik terpantau menurun dan arus balik sudah terjadi dengan intensitas rendah," kata Martinus dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (28/6/2017).

Menurut Martinus, total kendaraan yang sudah kembali ke Jakarta melewati Gerbang Tol (GT) Merak mencapai 8.039 kendaraan. Padahal dalam keadaan normal, kendaraan yang melintas GT Merak hanya 6.268 kendaraan.

Untuk di Gerbang Tol Ciawi arus balik menuju Jakarta, sambung Martinus, tercatat sebanyak 36.602 kendaraan yang melintas. Dalam keadaan normal, kendaraan yang melintas di GT Ciawi hanya mencapai 33.417.

Kemudian kenaikan jumlah kendaraan juga terjadi di Gerbang Tol Palimanan menuju ke Jakarta. Di ruas tol ini terpantau sudah ada 25.373 kendaraan yang melintas. Volume kendaraan ini naik dari hari sebelumnya yang mencapai 10.521 kendaraan.

"Jadi ada kenaikan sebanyak 14.852 kendaraan atau naik 59 persen," ucap Martinus.

Sementara, pada gerbang GT Cikarang Utama (Cikarut) belum tampak kenaikan volume kendaraan. Dalam catatan kepolisian, kendaraan yang melintas sebanyak 37.150.

"Untuk kondisi normal, kendaraan yang melintas GT Cikarut 41.749. Masih ada penurunan 4.599 kendaraan (arus balik)," tambah Martinus.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Kapolri: Korban Meninggal Kecelakaan Mudik Turun 42 Persen
Artikel Selanjutnya
Arus Balik Lebaran, 1.500 Pemudik Padati Terminal Kalideres