Sukses

Libur Lebaran, Sejumlah Lokasi Wisata Diserbu Pengunjung

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah lokasi wisata kembali diserbu saat libur lebaran. Meski kemacetan sudah terjadi sejak hari pertama lebaran, para pengunjung tetap menikmati liburan di Kawasan Puncak, Bogor, maupun Lembang, Jawa Barat.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, antrean panjang di pintu keluar Tol Ciawi, Bogor, sudah terlihat sejak pagi tadi. Didomonasi kendaraan pribadi dan bus wisata, antrean sudah mengular sejauh lima kilometer lebih. Ribuan kendaraan ini hampir semuanya menuju Kawasan Wisata Puncak, yang jaraknya masih belasan kilometer lagi. Meski sudah lebaran hari kelima, salah satu lokasi wisata favorit tetap menjadi tujuan liburan, meskipun macet.

Begitu keluar jalan tol, kemacetan malah makin menjadi-jadi. Di Jalan Raya Puncak selepas Gadog. Meski sudah diberlakukan satu arah, arus kendaraan tak henti-hentinya mengalir. Laju kendaraan yang menuju sejumlah lokasi wisata ini merayap, dengan kecepatan tak lebih dari 10 kilometer perjam.

Mengantisipasi agar laju kendaraan tidak berhenti, polisi akan melakukan rekayasa, dengan mengalihkan kendaraan ke sejumlah jalur alternatif. Hingga siang menjelang petang,pengunjung yang akan menikmati liburannya di salah satu kawasan wisata favorit ini akan terus bertambah.

Kondisi yang sama juga terlihat di jalur utama jalan raya menuju Lembang. Sejak dari Kawasan Setiabudi, Kota Bandung, kemacetan sudah mulai terlihat. Aliran kendaraan yang didominasi mobil pribadi, terlihat mengular dan hanya bisa berjalan merayap. Bahkan beberapa kali sempat berhenti, karena kendaraan di depan tersendat. Selain volume kendaraan yang meningkat, kemacetan juga dipicu jalan berbelok dan sempit.

Polisi baru memberlakukan sistem buka tutup secara bergiliran untuk mengurai kemacetan, jika arus kendaraan sudah tidak bergerak.