Sukses

Tiga Aplikasi Ini Bisa Bantu Hindari Kemacetan Arus Balik

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri yang dinanti-nantikan sudah terlewati. Karena waktu liburan sudah hampir selesai, kini mereka yang mudik sudah harus kembali ke kota masing-masing.

Jasa Marga memprediksi puncak arus balik bakal terjadi hari ini (30/6/2017) dengan jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta sebanyak 110 ribu unit.

Nah, bagi kamu yang hendak kembali ke Ibu Kota, tentunya berharap terjebak di kemacetan seminimal bukan? Sejumlah aplikasi smartphone ini mungkin bisa berguna membantu kamu menghindari kemacetan selama arus balik. Berikut adalah aplikasi rekomendasi Tekno Liputan6.com.

1. Aplikasi Peta

Aplikasi peta dan navigasi bisa membantu kamu menghadapi kondisi rute lalu lintas yang akan dilalui. Aplikasi peta dan navigasi juga memungkinkan pengguna untuk mencari rute perjalanan alternatif yang bisa menghindarkan pengemudi dari kemacetan berjam-jam.

Nah, kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi, misalnya Google Maps, Waze, hingga Here WeGo yang masing-masing bisa memberikan prediksi kepada pengguna mengenai kemacetan.

Lebih dari itu, aplikasi Here WeGo juga bisa menampilkan peta secara offline serta memberikan informasi lokasi di sekitar pengguna, sehingga kamu tak perlu bingung mencari mesin ATM, restoran, rest area, maupun SPBU di tempat yang akan kamu lewati.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Tiga Aplikasi Ini Bisa Bantu Hindari Kemacetan Arus Balik

2. Aplikasi Lewat Mana

Lewat Mana merupakan aplikasi layanan informasi layanan lalu lintas terkini yang membantu pengguna mengetahui kondisi lalu lintas, agar tak terjebak kemacetan.

Aplikasi ini memiliki Driving Mode yang akan membantu pengguna mengetahui kondisi lalu lintas di sekitar. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur lainnya yang membuat pengguna bisa memantau kondisi lalu lintas di sekitarnya.

Misalnya dengan fitur Traffic Camera Nearby dan Traffic Camera By City, pengguna bisa secara langsung menyaksikan kondisi lalu lintas. Jika macet, pengguna bisa memutuskan untuk mencari alternatif jalan lainnya.

3. Aplikasi Ayo Mudik

Aplikasi ini khusus dihadirkan oleh pemerintah dan startup lokal Kudo Digital Solutions. Konten pada aplikasi Ayo Mudik ini didukung berbagai kementerian dan lembaga terkait, sehingga bisa menyajikan informasi yang terpadu.

Sebut saja konten dan informasi dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian RI, hingga perusahaan penyedia telekomunikasi dan jasa internet.

Aplikasi ini juga menyajikan informasi lokasi yang dibutuhkan oleh pemudik selama melakukan perjalanan. Aplikasi berbasis peta ini bisa menyajikan lokasi posko mudik serta kemudahan mengetahui lokasi pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, hingga ATM terdekat.

Nah, bagi kamu yang sedang bersiap mengikuti arus balik 2017, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi-aplikasi di atas ya agar perjalananmu lebih menyenangkan dan terhindar dari kemacetan panjang.

(Tin/Why)