Sukses

Tips Hadapi 'Kanker' Setelah Libur Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Setelah menikmati libur lebaran dan bertemu dengan sanak famili Anda tentunya akan mengalami ‘kanker’. Tapi, kanker yang akan dibahas ini bukan penyakit, melainkan kepanjangan dari kantong kering. Ya kebanyakan orang usai libur Lebaran akan menghabiskan uang THR yang diberikan perusahaan untuk biaya perjalanan, baju baru, kasih uang Lebaran ke sanak keluarga.

Jadi jangan kaget saat melihat uang di dompet Anda menipis. Uang di dompet yang menipis ditambah gajian bulan depan yang masih jauh pastinya membuat Anda kalang kabut. Bahkan mau tak mau meminjam uang kepada teman, keluarga, saudara, dan lain-lain.

Agar terhindar dari hal itu, Anda harus memiliki perencanaan pengeluaran uang selama Lebaran dan bijaklah dalam berbelanja.
Tapi, jangan khawatir, lima hal ini bisa Anda lakukan saat menghadapi 'kantong kering' saat Lebaran tiba.

Cari tahu apa yang bikin pengeluaran membengkak

Pertama-tama, Anda harus tahu dulu apa yang menyebabkan pengeluaran membengkak. Apakah angpao lantaran Andasalah menghitung jumlah keponakan, atau terlalu banyak berbelanja bahan makanan dan juga pakaian. Atau bisa jadi ongkos mudik yang lebih dari perkiraan.

Hitung pengeluaran satu bulan ke depan

Setelah itu, Anda harus menghitung berapa jumlah kebutuhan yang belum terpenuhi untuk satu bulan ke depan. Kalau sudah, hitung berapa kekurangannya.

Rencanakan bisnis sampingan

Anda juga harus mengambil sebuah tindakan yang bermakna. Artinya, Anda harus memikirkan sebuah solusi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Berjualan (apapun bisa, termasuk jualan tiket untuk orang-orang mudik yang ingin kembali ke Jakarta). Atau, Anda juga bisa mengubah hobi menjadi bisnis. Pokoknya, pikirkan pekerjaan sambilan apa pun yang bisa Anda lakukan.

Pinjam uang

Mencari sebuah solusi ketika Anda jatuh bangkrut dalam sekejap tak akan berhasil selama Anda masih terus mengeluhkan nasib dan jauh dari kepala dingin. Cobalah untuk menjernihkan pikiran. Kalau sudah mentok dan tak ada pekerjaan tambahan yang bisa Anda lakukan, cobalah untuk berbicara kepada saudara. Pinjamlah sedikit uang.

Meminjam sedikit uang kepada saudara lebih baik dari pada meminjam lewat kartu kredit. Karena, Anda bisa menegosiasikan kapan uang itu harus Anda kembalikan. Nah, lebih baik, jumlah uang yang Anda pinjam pas untuk hidup selama satu bulan ke depan. Jangan sampai gaji bulan depan juga habis untuk membayar utang tersebut.

Terpenting hadapi masalah keuangan Anda dengan #PakaiKepalaDingin. Bukan hanya dingin dari dalam tapi juga dingin di luar. Agar kepala tetap dingin dan segar pakai CLEAR ICE COOL MENTHOL dengan 3x manfaat kesegaran, rambut bebas ketombe, tak terasa gatal dan berminyak.


(adv)

 

 

Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
4 Hal Yang Wajib Dilakukan Pasca Libur Lebaran